Ikan Arwana, Ikan Aquarium kelas atas

Ikan Arwana, Ikan Aquarium kelas atas

Ikan Arwana (Arowana) adalah ikan hias air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues, termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah, sehingga terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus Terancam Punah oleh IUCN sejak tahun 2004.

Ikan yang mempunyai ciri fisik elegan dengan sisik besarnya ini dibanderol harga tinggi dipasaran, dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Pengikut Feng Shui berani membayar harga tinggi untuk seekor ikan ini, oleh sebab beranggapan bahwa ikan ini sebagai ikan pembawa keberuntungan. Ikan Arwana juga sering disebut sebagai ikan naga atau ikan kayangan, serta dianggap sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.

Ikan Arwana adalah spesies asli sungai-sungai di Asia tenggara khususnya. Ikan ini memiliki 4 vareatif warna, antara lain :
  • Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia.
  • Emas, ditemukan di Malaysia.
  • Merah, ditemukan di Indonesia.
  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia.

Makanan ikan Arwana adalah Udang, katak kecil, ikan - ikan kecil dan lainnya. Usia hidup Ikan Arwana bisa mencapai usia 20 tahun. Panjang ikan Arwana bisa mencapai 90 cm. Ikan ini dapat menjadi induk setelah berusia 3-4 tahun. Induk betina ikan Arwana dapat menghasilkan 30 hingga 100 butir telur. Ikan Arwana termasuk jenis Mouthbrooder dalam berkembang biak, yaitu setelah induk betina mengeluarkan telur, induk jantan akan menyimpan telur - telur tersebut didalam mulutnya hingga menetas menjadi Larva.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Arwana :
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae

Ikan Arwana, Ikan Aquarium kelas atas

0 komentar