Barreleyes Fish, ikan aneh dan unik dari lautan

Barreleyes Fish, ikan aneh dan unik dari lautan

Barreleyes, juga dikenal sebagai spook fish (nama yang juga diaplikasikan pada beberapa spesies chimaera) adalah salah satu ikan bertubuh unik yang banyak menghabiskan waktunya di kedalaman laut. Secara ilmiah ikan barreleyes merupakan sebuah keluarga yang bernama Opisthoproctidae yang banyak ditemukan di perairan tropis Atlantik, Pasifik, dan Samudra Hindia.

Bentuk fisik ikan barreleyes menyerupai tabung, matanya dapat diarahkan ke bagian pandangan depan dan ke atas untuk mendeteksi mangsa. Keunikan spesies-spesies ikan ini terletak pada kepalanya yang transparan. Nama keluarga Opisthoproctidae berasal dari kata Yunani opisthe ("di belakang") dan proktos ("anus").

Di lautan barreleyes menghuni kedalaman sedang, dari zona mesopelagik ke bathypelagic atau sekitar 400–2.500 meter dibawah permukaan laut. Menurut beberapa penelitian barreleyes termasuk ikan soliter dan tidak menjalani migrasi vertikal diel dan sebagai gantinya, barreleyes tetap berada di bawah batas penetrasi cahaya dan menggunakan mata tubular yang sensitif dan mengarah ke atas menyesuaikan untuk meningkatkan penglihatan teropong dengan mengorbankan penglihatan lateralnya untuk mensurvei perairan di atas. Tingginya jumlah batang di mata mereka, retinae memungkinkan barreleyes untuk menyelesaikan siluet objek overhead di samar-samar cahaya ambient (dan secara akurat membedakan cahaya bioluminescent dari cahaya ambient) dan penglihatan binokular mereka memungkinkan mereka melacak secara akurat keberadaan zooplankton kecil seperti hidroid, copepoda, dan krustasea pelagis lainnya.

Keluarga opisthoproctidae atau ikan barreleyes memiliki 8 genera, antara lain Bathylychnops, Dolichopteroides, Dolichopteryx, Ioichthys, Macropinna, Monacoa, Opisthoproctus, Rhynchohyalus, dan Winteria.

0 komentar